Pesta Rakyat Jawa Timuran


Tanggal 30 November kmaren bertempat di ITB ada pesta buat rakyat Jawa Timur yang merantau di negeri orang “Bandung”. Aku dah semangat banget ngerti ada acara ini lewat milis KPMBB ( Keluarga Pelajar & Mahasiswa Banyuwangi di Bandung).Biarpun lagi sakit, tetep aku bela2in dateng.
Ada apa aja di Pesta Rakyat Jawatimuran?????

1. Festival Kuliner
yang dimeriahkan oleh Rujak cingur (Surabaya), Pecel Madiun, Bebek goreng (Lamongan yak kalo ga salah), Pecel Kediri, Rawon, Soto, Sate Madura, Tahu tek, Tahu Campur, Krawu, etc…
Kamu makan apa aja yen???
hmmm…..udah niat jauh2 hari pengen makan Pecel Madiun. Termasuk makanan langka Pecel Madiun di Bandung. Nyampe TKP aku malah bingung mo makan apa. Lah, bingung knapa yen? Si Pecel Madiun udah punya nama, pecel kediri tampilannya lumayan menarik, dipincuk daun pisang gitu (the real pecel). Dan hoopla, ternyata yeni lebih kepincut dengan nama pecel Madiun, hahahahaha……


Healah, ternyata rasanya masih kalah jauh yang ada di negri asalnya. Tapi lumayan lah jadi mesin waktu yang serasa ngebawa aku pulang ke rumah. Suasananya juga ngedukung banget, kanan kiri depan blakang pada pake bahasa jawa yang bikin aku mrenges :D [nggateli-nggapleki-cak-cok ngga pernah absen]. Bener2 serasa di negeri jawa timur. Yatttttaaaaaa….. aku bahagia!!!!!!

2. Festival Budaya
Tari Remo (Surabaya), Jejer Gandrung (Banyuwangi), Reog (Ponorogo pastinya, mana ada Reog Malaysia, hahahaha…), Ludruk, Karawitan, etc
Hiyaaaaaaaaaaaaaa…… yeni dudul banget. Gara2 keenakan duduk didepan lapak sopwer2 & pilem2 (lagi nyari Adobe CS3, ketauan pake bajakan :D ), aku ampe ktinggalan Tari dari negriku sendiri “Jejer Gandrung”. Dari jauh udah denger ning nong ning gong nya, lariiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..udah lari2 gitu ternyata tu Jejer Gandrung udah kelar :( . Gundul Pacul!!!! Gondrong!!! hmmm… pertunjukan berikutnya ga boleh ktinggalan. Udah duduk manis aja.



Beuh…pertamakali liat Reog ponorogo secara Live. MANTAPZ!!! TE O PE BE GE TE!!!! Ga salah kalo ada negara lain yang ngaku2 pemilik tu Reog. Aku ampe mlongo ngeliat festival budaya sebagian dari Jawa Timur yang ditampilin. Bangganya jadi orang jawa timur, hahahahha… (biarpun di kampus sering diledekin gara2 setiap aku ngomong ga pernah ktinggalan istilah jawanya, hehehehe). Oechestra Music tradisional juga ga kalah KEREN!!!!! Ga kalah ama Erwin Gutawa, hahahaha….
Dari sini aku baru tau kalo orang jawa timur yang merantau di Bandung ternyata banyak banget. Dan kelliatan kalo mreka (termasuk aku), haus akan pertunjukan yang mampu membawa kami para perantau ini, ke tanah kelahiran.

Malemnya
Ludrukan time!!!!Bertempat di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) Ga kalah rame ama Laskar Pelangi the Movie, hahahaha… Aku yang brangkat tepat waktu aja tetep ga dapet tempat duduk, terpaksa lesehan. Disini suasana surabaya kental banget. Gara2 apa hayo???? Sebelomnya maap dulu yak, bukannya aku sarkasme disini, tapi ini lah the Real Surabaya, kata Cak-Cok-Matamu-Ngggateli-Nggapleki-danlainlain mulai bertaburan disetiap dialog, hahahaha….Guyonan khas ludruk juga ga ktinggalan. Great Work buat Arek2 Loedroek ITB. Makin maknyus dengan tampilnya Sudjiwo Tedjo.
Standing applause dech buat keseluruhan acara “pesta Rakyat Jawa Timur” yang di bilang “Djantjoek” Djawa Timur Ancen OK!!!!

Ada yang menarik disela2 aku nonton festival budaya itu, hasil perchattinganku dengan si ini dan si ini
(aku terjemahin ke dalam bahasa indonesia yang baik dan benar)
Bag 1
ini1: Ludruk?????
aku: yap
ini1: emank km suka???
aku: apresiasi terhadap budaya sendiri yo
ini1: disini ga ada yang nonton tuh (disini refers to Surabaya)
aku: walah, budaya sendiri ga bisa jadi tuan rumah di rumah sendiri. Malah jadi tuan rumah di rumah orang,
ini1: :D (mrenges doank)
……………………………………………………………………………………..dst
Bag 2
ini2: ga sekalian nonton bareng Si Ikin???
aku: waaa….
ini2: sapa bintang tamu Ludruk nya??? Kartolo ta???
aku: Sudjiwo Tedjo jeh
………………………………………………………………………………………..dst

Kayaknya peribahasa “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” ga berlaku buatku, Tepatnya “Dimana yeni berada, disitu langit jawa dijunjung” hahahahaha…..(tidak bermaksud sara). Udah 2 taon lebih di Bandung ga bisa sama skali bahasa sunda, masi tetep ga doyan masakan sunda, masi ga ngerti norma yang berlaku di Bandung (yang katanya BEBAS).

Pesan Moral:
Cintailah budayamu dimanapun kamu berada, kalo bukan kita sapa lagi (yeni sok serius :D )

21 comments!:

rez@RT said...

WoPpzzz..
Pecel Madiun is Numero Uno !!! ^_^

yeni said...

@rez@RT:
walah....yang punya pecel Madiun ada disini, hahahaha...
iyo ancen, pecel medion nomer siji!!!!!
heh, jarene arep ngirimi aku pecel medion, endi???

rez@RT said...

:D
Pecel Madiun in delivery ..
Just Wait in a Month ..
:D

yeni said...

@rez@RT:
wkakakakak....wah..wah...arek TC jualan Pecelnya pasti udah menggunakan teknologi ini,
heh??? a month???
kburu ga pengen lagi aku ntar

akbarindonesia said...

Jawa Timur...Jawa Timur...
Jawa Timur is d best...
ayo jalan2 ke Bromo...

Anonymous said...

welkom..to LOEDROEK ITB FANS CLUB!!
mau bergabung??hub sekre terdekat...samping UKJ..

goeh "AREK ITBeh Cok"

Anonymous said...

oh ya??punya koleksi foto2 reog kemaren ga??
bisa disharing ga? kirim dong...goeh98@gmail.com

thx...
goeh"AREK ITBeh Cok"

yeni said...

@akbarindonesia:
STODJOOOOOOOO!!!!!!
kapan ke Bromonya??? ama geng motor TC???Waaaaa....ga brani aku :(
@anonymous:
wah, ada FANS CLUB nya juga ta Loedroek ITB tu???baru tau aku, hehehehe...emank biarpun ga kuliah di ITB bisa jadi member???
ntar dech, ksana lagi
yap, punya..tapi ga gitu bagus jepretannya
pake kamera hape soalnya
ntar aku kirim ke email kamu, ditunggu yaaaa...

fitraraditya said...

heh,,,
jarene arep njemput...
tak enteni nang ITS gk teko-teko... :D

hattatactics said...

hwahaha...

onok gag bahasa sundane "cuk"??

yeni said...

@fitraraditya:
he??wes tak jemput yo
tapi aku nyasar pas nang ITS e
hahahahahaha.....
yo wes balik nang bandung ae

yeni said...

@hattatactics:
hmmmm.....ga ada kayaknya
ada juga "cing"
hahahahaha...

Subhi said...

hahahaha
cak cok oleh2 teko jawa wetan, nang jawa kulon ga ono.....

yeni said...

@Subhi:
iyo ancen, wong jowo kulon kalem2
hehehehe.....

fitraraditya said...

wes seneng2 ngene ko' jarene sedih
wew....

omiyan said...

9 TAHUN DISERANG BELUM PERNAH MENEMUKAN FESTIVAL SEMACAM INI, PALING BANTER PAMERAN PEMBANGUNAN ITUPUN TUKANG DAGANG KEBANYAKAN...HALHH..KAPAN ATUH SERANG....

djamboe88 said...

bener...!!! Pecel madiun nomer 1, opo maneh buatane ibuku... mangstap puol...

dimas said...

enakkan pecel ayam!!kwkwkwkw
di jogja pecelnya mahal ui..
org madiun pindah kejogja jadi agak ijo pandangannya.. masa pecel jadi mahal banget..

yeni said...

@fitraraditya:
hehehehe...kalo udah nangis, udah bisa ktawa ktiwi lagi
makasi yaaaaaa
@omiyan:
walah, kasiannya. Kemaren knapa ga dateng aja di Bandung, hehehehe
@djmaboe88:
wew...bisa jadiin sasaran empuk ne buat minta kiriman pecel selain reza, hahaha
@mas dimas:
wah, kalo itu aku juga suka mas dim
apalagi kalo dbayarin, hehehe
di bandung juga mahal banget kok mas dim pecel nya

bhagas said...

itu ikut seharian y yen km...?
makan mulu pasti...hahahahaha

yeni said...

@bhagas:
iya, dari jam 10 pagi ampe jam 10 malem
hehehehe...
cuma maem pecel madiun tok kok
nyesel, knapa ga nyiapin kantong perut kosong :(

Post a Comment


Happy Birthday Sayang!!!

duniyakoe Copyright © 2012 Sunny Side Up is Designed by Yeni for Bian's Day