Itu mbah Uti saya


Pagi-pagi hape dah bunyi aja.Hah,,,tumben mbak itu nelpon saya. Dan yang bikin saya kaget lagi, dia minta saya ke kampus buat ngajarin Pemograman&BasisData (PBD) skalian bawain bahannya,Walah….ga salah ni???,. Nilai PBD saya aja ntah gimana nasibnya. Pas UTS nilai Vb saya ancur2an, huaaaa….Tapi untunglah pas UAS dah agak melek ngoding, agak telat yak,hehehe….Bingung juga mo ngajarin gimana. VB, SQL, Oracle,huaaaa??? Ga ngerti juga saya. Salah orang mbak. “Emank Yudha kmana??, dia kan yang jago”. Katanya lagi ngerjain tugas, jawab mbak itu.Ouw…..Wadooow, kek mana saya???

Segitu aja cerita pagi tadi yang bikin kaget. Sebenernya pengen cerita perjalanan saya dari PVJ menuju kosan kemaren. Kayak biasanya, naek angkutan paporit di bandung, ancot, hemat, available, aksesable,hihihihi…, agak bengong ngeliat nenek2, pasnya simbah kali ya. Tu simbah pake kebaya ala wanita tua di daerah saya (di jogja juga banyak), dengan bawahan jarik (ato ada yg bilang “sewek”), bawa kranjang (yg biasa dipake jualan jamu, lupa namanya), disampingnya masi banyak sayuran yang terbungkus kain. Bener2 serasa di jawa. Jarang sekali saya menemukan simbah di Bandung ni kayaknya ni yang pertama, (simbah:wanita jawa yang sudah berumur dengan pakaian khasnya).
Ngeliat simbah tu, saya jadi inget nenek saya, mbah uti (baca: mbah putri). Mbah uti saya masi kentel banget adat jawanya. Masi pake jarik, kebaya, nginang (ngenyot sirih), rambut di bentuk mblenduk sekepal (haiyah….). Aturan jawanya juga masi di pake. Salah satu contohnya ni, “jangan mau di kasi pistolnya cowok "(hahahaha….) ni pas mbah uti saya tau kalo saya punya pacar, “temen cowok diluar aja kalo maen ke rumah” hihihi…kasian para teman cowok saya kalo maen ke rumah pas ada mbah uti, malah pernah di kasi wejangan.”Kalo ngomong ma orang yang lebih tua, boso (krama maksudnya)” wadooow…ini agak susah, saya suka lupa. “gadis kalo jalan jangan kayak cowok,kalo ga bisa pake jarik aja sana”, huaaa….ini kan bawaan dari lahir, emank jalan saya petentengan. “ Jam 4 sore musti udah dirumah dalam keadaan dah mandi (jangan lupa pake minyak kayu putih) duduk manis di depan tipi” paling males kalo disuruh mandi. Ada lagi, tiap neton saya, pasti dibikinin jenang-abang-putih (neton:tanggal lahir jawa), maem ga boleh bersuara, katanya kayak guguk (baca:anjing); ga boleh maem di depan pintu, katanya ntar di tolak perjaka (hihihi); ga boleh maem sambil tiduran, katanya ntar jadi ular (huaaa…ngeri ni); maem ga boleh ada sisanya, katanya ntar ayamnya banyak yang mati (kok bisa ya???). Tu masi sebagian, masi banyak kata-kata engga ilok yang bakal kedenger kalo ada mbah uti. Piiiuuuhhhh…kalo saya udah mo balik ke bandung, wejangannya bisa sejam.Ibu saya aja engga segitunya.

Hmmm…..itu mbah uti saya. Jadi kangeeeennnnn!!!!! Sempet ilang pas maen ke Bandung, ternyata nyasar di pasar. Ga di rumah, ga di Bandung, tetep “Pasar”.Emank protektif gitu mbah uti saya ke cucu2nya, terutama cucu cewek. Itu yang tak pernah saya lihat di Bandung. Rasanya di sini semua dah “semau Loe aja”. Ga ada aturan dech.

11 comments!:

ezZa said...

PERTAMAX....

hidup pemrograman...
bwuahahahaha...

ezZa said...

KEDUAX....

ezZa said...

bisa HATRIX juga akhrinya...

dimas said...

"duduk manis di depan tipi, paling males kalo disuruh mandi"
weks... yang punya blog jarang mandi??????!!!!!
mak'ee... pantesan bau2 asem sekitar sini.. kwkwkwkkwwk

yeni said...

@ezZa:
Selamat,,selamat,,
dah jadi yang pertamaxxx, keduax,ketigaxx (wew,,,diborong ne)
hadiahnya silakan di ambil langsung
hihihihihi.....
mana J.Co nya?????

@dimas:
enak aJa jarang mandi!!!!!
kalo di bandung mandi tu ga wajib
hihihihi,,,,

ArverneSter said...

cieee.. dipcaya ngajarin pemrograman nih yeee. hihihih.. .

wadow,, lha, pas d kasih wejangan kmu ngapain? tidur yah. . hahha

yeni said...

@ArverneSter:
ngik,,,ngik,,,
padahal diRiKu ga ngerti bahasa pemograman
salah orang tU si embak,,,,

pas lagi dapet wejangan, aku masang muka serius, sok dengerin, padahal apa yang di omongin aku gag ngerti
hehehehe,,,,,
Oh,,mba utiQ, maapkanlah kekilapan cucumu ini

dimas said...

hii..
berarti kalo keluar cmn pke deodorant anti-selip, trus parfum segede gaban semprot sana semprot sini, trus cuci muka doank??
wwaa.... sama...loh?!
*males mandi juga..

yeni said...

@dimas:
hahahaha....mas'dim nyeritain diri sendiri,
Aku engga lo,
Bandung masi mending kalo engga mandi,
la kalo jogja???
ihhh......panas gitu
mo pake deodorant anti selip, parfum segede gaban, ga ngaruh
Weeek....

Rofi said...

wah keren tuh bibi nya ....masuk dunia maya hehehe

yeni said...

@Rofi:
tu bukan bibi.Tapi nenek (orang jawa nyebutnya mbah putri),
tp karna dulu anak kecil paling susah bilang "r",
makanya jadi mbah uti,
hehehe...

Betewe,Tu komen tengah malem yak?
Ini juga aku blznya subuh2,
ga bisa bu2k
hehehe

Post a Comment


Happy Birthday Sayang!!!

duniyakoe Copyright © 2012 Sunny Side Up is Designed by Yeni for Bian's Day