Tentang Insomnia itu....


Kaget sekali pas iseng-iseng browsing pengen tau separah apa siyh dampak insomnia itu. Insomnia ada beberapa tingkatan, insomnia kronis, insomnia jangka pendek, dan insomnia transient. Ternyata aku masuk insomnia kronis. [disini] dijelaskan bahwa insomnia kronis itu insomnia yang paling parah karena penderitanya selama sebulan atau lebih tidak bisa tidur pada sebagian malam. Dan aku ngalami susah tidur udah lebih dari satu bulan.
Disitu juga dijelaskan insomnia terjadi karena kondisi kejiwaan kayak stress atau gangguan fisik disekitarnya. Tidur siang berlebihan juga. Tapi kalo yang ini kayaknya ga berlaku buat aku. Aku ga pernah tidur siang.Sepertinya karena kondisi kejiwaanku. entahlah, aku juga bingung apa yang bikin aku stress hingga terjangkit penyakit yang lumayan merepotkan ini.Asupan gizi yang salah juga jadi salah satu penyebab insomnia. Orang2 insomnia cenderung kekurangan magnesium dan kalsium. Lah, ya jelas aku kekurangan magnesium ama kalsium. Aku minium susu aja engga.

Dampak yang dibawa si penyakit ini juga lumayan mengkhawatirkan buatku. Turunnya produktifitas salah satunya. Si penderita insomnia tidak bisa memusatkan perhatian pada hal2 yang detail. Mereka yang menderita insomnia ini, termasuk aku, tidak bisa memberikan pertimbangan untuk mengatasi masalah. Dampak lain yang membuat aku sedikit takut adalah orang insomnia cenderung pelupa, bahkan hal2 yang baru aja dialami. Lah kok mirip ma al Zheimer.Wah,ngeri gitu ya akibat yang dibawa insomnia. Dan aku mengalami betul dampak itu. Aku jadi ga bisa fokus, sering banget lupa. Dan itu sangat mengganggu aktifitasku, terutama kuliah.Entah, apakah nilaiku turun ini juga disebabkan penyakit itu. Beeeuuuuhhh......

Dan satu fakta lagi yang baru aku tau, ternyata tidur siang itu sebenarnya tidak diperlukan. Hormon Melatonin, yaitu hormon yang memerintahkan kita untuk istirahat hanya diproduksi ketika matahari sudah redup. Artinya, hormon itu pada siang hari tidak diproduksi.Berarti aku udah lumayan bener, ga pernah tidur siang hari. Hehehehe...

Gambar diambil [disini]

21 comments!:

masenchipz said...

he...he.... kmu kena insomania akut nih.... wekekekek

*kaburrr*

yeni said...

@masenchipz:
iyah nih aku terjangkit insomnia akut a.k.a kronis,
beuuhhhh...
merepotkan sekali

Ga usah kabur mas
aku ga makan manusia kok
cuma nyamil
hahahahaha...

fajarsaptono said...

Wew mengerikan juga yah... kalo gw malah kerjanya malam, kadang sampe subuh... nah tar tidurnya habis subuh sampe sebelum dzuhur :D, soale kalo siang ga mood mo kerja, ga bisa dapet ide :D .. mo menghilangkan kebiasaan itu tapi blon sempet .. lam kenal

ArverneSter said...

kalo insomenia kelas lain juga sama yah efeknya..??a
aku ambil insomnia kelas ringan ajah ah. . .

Ian said...

duh jd takut kena insomnia juga nich.......

yeni said...

@fajarsaptono:
Sama, aku juga gitu. Kalo siang ga mud buat ngapa2in.
Tapi kalo malem, kayak siang aja.
Semangat gitu.
Dunia serasa kebalik.
Disaat orang2 lagi terlelap tidur, aku malah beraktifitas.Nyusahin juga siyh....

@ArverneSter:
Kayaknya engga seburuk efek yang dibawa insmonia kelas kronis,
Pilihan yang tepat tu,
jangan ambil kelas kronis aja
bisa berabe jadinya ntar,
kayak aku sekarang.

@Ian:
Ia, mending kabuuuuur duluan aja kalo deket2 ma ini penyakit.
hehehehe.....

ezZa said...

aku kayaknya dah insomniac nich...


help...

Ian said...

aq pernah baca buku...
tips buat u yg kena insomnia..
katanya"buat kamu yg penderita insomnia, kamu bisa merendam kaki u dengan air dingin sebelum kamu tidur atau ketika kamu belum bisa tidur.... coba dech... kali aj bisa membantu kamu supaya rileks...

yeni said...

@ezZa:
Lah, sama2 pengidap insomniac ne
Minta helpnya jangan ke aku donk
kalo aku tau, ga mungkin baru bisa tidur kalo udah ada adzan subuh,
hehehehe

@Ian:
Wah, patut di coba tu. Tapi kayaknya bukannya tidur malah maen aer ntar jadinya. Biasanya aku kalo kena aer tambah melek ini mata,
tapi makasiiii ya sarannya...

dimas said...

tuh kan.. dibilang minum susu pas mau tidur gak percaya.. itu obat mujarap.. orang gak bisa tidur itu pasti ada pola hidup yang salah, entah itu gizi atau kebiasaan atau pikiran, seharusnya semuanya baik2 saja, tapi ada kekacauan diantara ketiga itu

yeni said...

@dimas:
La gimana lagi. oramg emank ga suka susu,
daripada tiap mau tidur musti muntah2 dulu gara2 minum susu,
mending ga tidurnya aja
hehehehe....
iya mas'dim,ada yang ga beres dari ketiga itu,
ntah yang mana,
aku cari tau dulu
hehehehe...

bhagas said...

waduh yen..kok mirip penyakitnya...insomnia....

gejala sama...cenderung pelupa n g bsa konsentrasi,akhirnya nilai kul jelek2..hehe

yeni said...

@bhagas:
menurut riset,
emank orang2 yang suka ngubek2 kompi dan sejenisnya
rata2 terjangkit insomnia
hehehehe....

selamat menikmati penyakit itu
ntar kalo dah dapet obatnya,
bagi2 yaaaa....

Ahmad Sheva said...

haha . sama . ampe sekarang masih terkena insomnia .

obatnya tuh : jangan tidur siang . tidur klo malam aja . ini kata temenQ sih . gtw bener apa g .

yeni said...

@Ahmad Sheva:
iya neh, penyakit ini kok susah amat ilangnya
aku udah ga pernah tidur siang kali
tapi masi aja ne insomnia nempel

sub said...

gmn pnyakit insomnianya??? uda sembuh??

yeni said...

@pacarku:
udah dunk, atas bimbingan si pacar tersayang :P

byme said...

susah tidur gitu
byme

Liyn said...

quw juja insomnia nie, nilai2 quw jd ancur cmw!! yang paling parah quw jd bangun kesiangan teyuz n telat masuk kul.. apalagi mama quw suka ngomel2 low q bangun keciangan...
gimana yaw cara ngatasinnya??....

Anonymous said...

yg km bil itu sm dgn pa yg aq alami skrg.
wktu smster2 awal, aq msh bs konsen.. tp mkin ksni aq sring bgt g mudeng, bhkan lipa sm pa yg aq omongin sndri dlm wktu g smpe 1/2 jam.
aq lg busha bgt spya bs tdr g mlm2 lg..
Hikzzzzzzzz.. !!

Rama Sejati said...

Artikel yang bagus !

Barangkali informasi mengenai Insomnia berikut juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik -> Insomnia ?

Post a Comment


Happy Birthday Sayang!!!

duniyakoe Copyright © 2012 Sunny Side Up is Designed by Yeni for Bian's Day